Terdapat ciri ciri bahasa dalam iklan yang harus diketahui, jangan sampai salah menggunakannya dalam kalimat lain! Yuk, simak selanjutnya di artikel ini.
Penggunaan bahasa dalam iklan banyak macamnya, namun terdapat ciri ciri bahasa dalam iklan yang sering ditemui. Dengan penggunaan bahasa yang tepat, iklan pun bisa dengan mudah dipahami dan menarik minat calon pelanggan untuk melakukan pembelian.
Pahami Ciri Ciri Bahasa dalam Iklan
Dalam pembuatan iklan, penting untuk diperhatikan penggunaan bahasa. Salah satu ciri khas dalam bahasa iklan adalah kehadiran tipe kalimat yang persusasif. Dengan jenis kalimat tersebut, maka calon pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian.
Berikutnya adalah pemakaian slogan ataupun jargon khusus, yang berfungsi untuk membuat pembaca ingat terus dengan brand atau merk yang tengah ditawarkan. Jangan lupa pemakaian sudut pandangnya yang khas, rata-rata iklan menggunakan sudut pandang orang pertama.
Ciri ciri bahasa dalam iklan selanjutnya adalah pemakaian bahasa yang singkat, jelas, padat, serta mudah untuk dipahami. Ketika bahasa iklan gampang dipahami, maka mereka pun lebih mudah memperkenalkan produk atau jasa yang ingin dijual.
Rupa Iklan Masa Kini
Dalam perkembangannya, iklan mulai memiliki tujuan yang berbeda, tak hanya sebagai media promosi atau marketing. Jenis iklan promosi atau marketing ini disebut sebagai iklan penawaran, fungsinya untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk maupun jasa tertentu.
Berikutnya adalah jenis iklan layanan masyarakat, rupa iklan ini biasanya berisi himbauan atau anjuran untuk melakukan sesuatu. Diantaranya anjuran untuk tidak membuang sampah sembarangan, anjuran untuk tidak melakukan korupsi, dan lainnya.
Terakhir adalah iklan dengan rupa pemberitahuan atau pengumuman. Rupa iklan ini tidak menggunakan bahasa yang persuasif, melainkan bahasa yang informatif tapi tetap mudah dipahami. Jenis iklan layanan masyarakat maupun pengumuman biasanya tidak menggunakan ciri ciri bahasa dalam iklan yang telah dijelaskan sebelumnya.
Unsur
Agar tak salah dalam pengaplikasian kalimat di iklan, terdapat unsur unsurnya yang tak boleh dilewatkan. Tanpa menggunakan unsur yang telah ditentukan, iklan dianggap tidak sempurna serta tak bisa dimanfaatkan secara optimal.
Setidaknya dalam iklan, diharuskan terdapat judul, penambahan gambar untuk menarik atensi calon pelanggan, serta badan atau penjelasan dari iklan tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan call to action, sehingga membuat calon pelanggan tertarik melakukan pembelian.
Apabila iklan yang digunakan merupakan iklan informatif atau iklan niaga, seringkali ditambahkan informasi kontak untuk detail lebih lanjut. Misalnya dalam iklan properti, perlu dicantumkan informasi kontak untuk memudahkan proses pembelian calon pelanggan.
Media
Setelah mengetahui ciri ciri bahasa dalam iklan, perlu diketahui pula media apa saja yang bisa menjadi tempat iklan disiarkan. Dahulu iklan hanya bisa disiarkan dalam bentuk audio atau teks, namun berkat perkembangan teknologi, iklan pun sudah bisa disiarkan di televisi.
Sekarang ini iklan sudah berada dalam fase baru, yakni disiarkan di media sosial serta mesin pencari. Dengan pengaturan tersebut, iklan bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan tepat sasaran. Bahkan berkat penggunaan dan pengaplikasian iklan yang efektif, penjualan bisa meningkat dan memberikan revenue besar.
Tips Agar Optimal
Supaya iklan yang dibuat bisa memberikan dampak positif pada penjualan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Diantaranya membuat iklan yang relevan, menyamakan antara deskripsi produk dengan target pasar, serta menggunakan bahasa yang jelas serta mudah untuk dipahami.
Kesimpulan
Dengan cara ini, berlanjut dengan mengikuti ciri ciri bahasa dalam iklan yang telah dijelaskan diatas, iklan pun bisa menjangkau banyak orang secara optimal. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang signifikan pada perkembangan bisnis.